Rabu, 17 Agustus 2011

BAMBI

Novel Bambi karya penulis Austria, Felix Salten dalam empat versi (dari kiri ke kanan): versi Belanda sekitar th 1950-an, versi Indonesia terbitan Gramedia th 1978, versi Inggris terbitan Simon&schuster th 1992 dan versi adaptasi film animasi Disney terbitan Gaya Favorit Ptress (GFP) thn 1995.
Di Indonesia orang lebih mengenal Bambi lewat tokoh animasi Disney karena lebih populer ketimbang novelnya. Sebenarnya versi novel jauh lebih mendalam mengupas tentang kehidupan Bambi, alam sekitar tempat Bambi tumbuh dan perjuangannya untuk tetap survive dalam menghadapi keganasan alam serta 'kekejaman' manusia yang oleh kaumnya dianggap 'Dia yang paling berkuasa'. Perdebatan serta pergulatan tentang eksistensi manusia inilah yang menjadi anti klimak novel ini.
Disamping keempat novel, saya juga mengkoleksi beberapa picture book dan sebuah komik yang kesemuanya merupakan adaptasi dari film animasinya. Novel ini saya dapatkan dari hasil hunting selama bertahun2. Pertama saya membeli terbitan Gramedia sekitar th 1983-an. Buku pertama ini telah hilang dan baru sy dapatkan kembali sekitar th 2010 di second book langganan saya. Beruntung sy mendapatkan 2 buah novel Bambi sekaligus. Kemudian versi GFP di th 1998. versi Inggris di th 2007 dan versi Belanda th 2011.


Halaman edisi bahasa Belanda dengan ilustrasi kecil dihampir setiap halamannya.
 
Halaman edisi bahasa Inggris dengan ilustrasi realis yg indah karya Michael J Woods.




Versi adaptasi film animasi Disney dengan ilustrasi cat air oleh David Pacheco

Bambi terbitan Gramedia dg ilustrasi Ady Permadi yang lebih dikenal sebagai ilustrator dan
redaktur senior di Majalah Bobo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar